Kamis, 05 Maret 2015

BISNIS FOTOCOPY DAN ATK

ABSTRAK
 
Banyak orang yang berpendapat bahwa untuk membuka sebuah usaha dibutuhkan ide yang sangat kreatif dan inovatif. Usaha Fotocopy dan ATK (Alat Tulis Kantor) termasuk usaha yang tidak pernah ada habisnya dan selalu dibutuhkan oleh semua konsumen. Walaupun banyak orang yang bergerak dibidang ini, prospek bisnis membuka usaha ini cukup menjanjikan. Saat ini menggeluti usaha Fotocopy dan Alat Tulis Kantor merupakan usaha yang sangat yang memakai biasanya dari kalangan mahasiswa atau para pelajar, instansi baik negeri maupun swasta atau masyarakat umum. Meskipun usaha ini memiliki untung tipis tapi usaha ini memiliki potensi dan prospek yang besar untuk beberapa tahun ke depan karena hampir setiap orang membutuhkannya.

 ISI
Untuk menjalankan usaha ini memerlukan modal yang tidak sedikit, namun kita dapat mengajak saudara atau teman kita untuk menjadi relasi, sehingga usaha bias dijalankan dengan baik dan mendapatkan keuntungan. Berikut ini adalah cara memulai usaha Fotocopy dan Alat Tulis Kantor: 
1. Pemilihan Lokasi
Lokasi merupakan komponen penting dalam suksesnya sebuah usaha. Lokasi yang bisa dikatakan strategis untuk menjalankan usaha ini adalah daerah yang berdekatan dengan sekolah atau kampus seperti STMIK AMIKOM ataupun dekat dengan pusat keramaian. Banyak orang yang beranggapan bahwa lokasi yang berdekatan dengan kegiatan mahasiswa akan menguntungkan usaha ini. Sedangkan untuk alternatif pengunjung lain adalah para pekerja atau masyarakat umumnya. Lokasi dapat menjadi tolak ukur keberhasilan usaha Fotocopy dan Alat Tulis Kantor.

 2. Peralatan dan Perlengkapan Usaha
Mengenai peralatan dan perlengkapan usaha diantaranya adalah etalase, almari, kursi plastic dll. Sedangkan untuk alat tulis kantor dapat mencari penyalur atau pemasok dengan harga lebih murah dan memiliki kualitas barang yang baik, serta memilih barang yang kira-kira selalu dipakai atau dicari oleh konsumen. Untuk mesin fotocopy dapat mencari agen penjualan yang menawarkan harga miring dengan kualitas barang yang baik.
3.  Mesin Fotocopy
Pemilihan mesin fotocopy juga sangat penting. Untuk pemilihan mesin fotocopy menurut saya tergantung dari siapa market atau pasar kita nanti dan berapa harga yang akan kita pasarkan. Kalau pelanggan kita mahasiswa dan pelajar maka kualitas mungkin bukan yang utama namun harga haruslah terjangkau. Untuk mendapatkan harga produksi perlembar yang murah maka mesin rekondisi adalah pilihan yang tepat karena mesin rekondisi jauh lebih murah harganya. Untuk kualitas, mesin analog memiliki kualitas yang lebih rendah dibanding digital namun mesin analog lebih murah dan lebih mudah untuk diperbaiki. Akan tetapi dengan permintaan pasar yang ada sekarang ini sebagian konsumen menggunakan print dan scan yang hanya ada pada mesin digital. Untuk itu kita dapat mencari mesin digital rekondisi dengan harga yang lebih murah.
4. Tinta, Kertas dan Alat Tulis Kantor
Untuk bersaing dengan usaha fotocopy yang lain kita harus pandai dalam mendapatkan tinta dan kertas dengan harga murah. Namun hal yang perlu diingat adalah jangan karena harga kita mengorbankan kualitas. Selain itu, pemilihan tinta juga akan mempengaruhi keawetan mesin sehingga kita harus memilih tinta yang sesuai dengan jenis mesin. Untuk alat tulis kantor kita bisa dapatkan barang-barangnya dari grosir utama karena semakin banyak kita membeli maka akan semakin murah harganya. 
 5.  Karyawan, Layanan dan Kualitas
Saudara dan teman adalah alternative untuk dijadikan karyawan, dan hendaknya kita mencari karyawan yang pandai berkomunikasi dengan baik. Diera yang modern ini banyak orang yang lebih mengutamakan kualitas dibanding harga jadi kita memiliki pangsa pasar yang tidak sedikit. Alat-alat kantor yang beraneka ragam akan membuat usaha ini makin dicari konsumen. Semakin lengkap barang dan layanan kita, semakin besar keuntungan yang kita dapatkan. Pelayanan yang ramah, penuh senyum, dan professional akan menjadi nilai tambah tersendiri.
6. Hambatan  dan Kendala Usaha
Kendala yang paling utama adalah modal yang tidak sedikit, namun agar dapat menggalang modal yang cukup untuk menjalankan usaha ini ada baiknya kita mencari relasi bisnis yang bersedia menginvestasikan modalnya dalam usaha. Dengan meyakinkan investor bahwa usaha yang akan dijalankan akan berkembang dengan pesat jika modal bertambah dan menekuninya. Memberikan pelayanan yang terbaik merupakan salah satu cara agar tetap bertahan dalam persaingan bisnis. Sepinya konsumen ketika pelajar dan mahasiswa memasuki musim liburan menjadi alasan kita untuk melakukan promosi baik melalui koran maupun brosur. Usaha ini memiliki prospek yang bagus tapi kita juga harus mengimbanginya dengan perkembangan teknologi saat ini. Pesaing akan selalu ada pada bisnis, namun dengan usaha yang giat dan pantang menyerah insyaallah Allah akan memberikan balasan yang terbaik untuk kita.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar